Kenali dan Pahami arti Warna pada air Urin/Kencing bagi Kesehatan - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Sehat itu Mahal

Monday, August 7, 2017

Kenali dan Pahami arti Warna pada air Urin/Kencing bagi Kesehatan

Kenali dan Pahami arti Warna pada air Urin/Kencing bagi Kesehatan - Buang air kecil atau kencing merupakan salah satu cara cara tubuh melakukan proses metabolisme. Ketika buang air kecil, zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dibuang setelah sebelumnya sudah disaring di organ ginjal. Oleh karena itu, buang air kecil merupakan suatu perkara yang wajib dilakukan manusia. Ketika kalian buang air kecil, pasti dalam satu minggu atau bahkan satu hari warna air urin/kencing yang dihasilkan berbeda-beda. Nah, bukan warna biasa tetapi Warna pada air urin/kencing tersebut memiliki arti yang menunjukan kondisi kesehatan seseorang pada saat itu juga.

Kenali dan Pahami arti Warna pada air Urin/Kencing bagi Kesehatan

Karena itu sebaiknya, perhatikanlah warna air urin/kencing ketika sedang buang air kecil guna mengetahui kondisi apakah tubuh kita sedang sehat atau malah sebaliknya. Baiklah, langsungs saja yuk kita bahas satuper satu arti warna air urin/kencing bagi Kesehatan :

1. Tidak berwarna atau Jernih

Saat kencing warna air kencing kalian tidak  berwarna alias jernih, hal ini disebabkan karena kalian terlalu banyak minum air. Memang betul meminum banyak air sangat baik bagi kesehatan tubuh, tapi janganlah terlalu berlebihan. Jadi, sebaiknya kurangilah sedikit takaran minum air untuk mendapatkan warna air urin/kencing yang sehat.

2. Warna Urin Kuning Pucat

Pada tahap warna urin inilah sebagai tanda kesehatan tubuh kalian, alias ini warna urin yang sehat. Dengan meminum air yang cukup dan tidak berlebihah serta selalu mengonsumsi makanan yang sehat adalah faktor kalian mendapatkan warna urin kuning pucat yang sehat ini. Warna kuning pucat pada urin menunjukkan bahwa tubuh kalian sedang sehat atau fit.

3. Warna Urin Kuning Jernih/Kuning Terang

Air urin ini warnanya tidak terlalu pucat maupun tidak terlalu pekat. Warna urin ini artinya adalah bahwa tubuh kalian berada pada tahap normal. Salah satu penyebab urin berwarna kuning jernih adalah karena tubuh terlalu banyak terkena pancaran sinar matahari dalam waktu yang lama. Jadi, jangan terlalu banyak terkena sinar matahari agar supaya mendapatkan warna urin yang sehat.
4. Warna urin Kuning Pekat/ Seperti Warna Madu

Air kencing berwarna kuning pekat ini merupakan fase terahir tahap "normal" kondisi kesehatan seseorang. Penyebab air kencing berwarna kuning pekat ini dikarenakan organ ginjal tubuh kalian tidak mendapatkan kandungan air yang cukup. Karena itu, segeralah banyak minum air putih dan 
banyak-banyaklah kencing. Hal tersebut dapat membantu meringankan kerja ginjal yang berfungsi untuk menetralisir racun yang ada di tubuh kita.

5. Warna Urin Coklat seperti Teh

Air kencing berwarna coklat? Arti warna air kencing coklat menunjukan bahwa kalian sedang mengalami dehidrasi atau masalah hati (Severe Dehydration) atau yang lebih dikenal dengan dehidrasi berlebih. Jangan biarkan in berlanjut, segeralah untuk minum air dengan cukup. Jika warna urin tetap tidak berubah, alangkah baiknya untuk pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

6. Warna Urin Oranye


Warna air kencing oren ini agak sulit dikenali karena agak mirip dengan warna kuning pekat,jika air kencing kalian berwarna oranye ada kemungkinan disebabkan karena faktor makanan. Terlalu banyak makan wortel atau blackberry juga bisa menjadi penyebab warna urin oranye, namun dalam waktu dua hari warna air kencing akan kembali normal. Penyebab lainnya adalah kemungkinan masalah pada organ hati. Jadi, jika air urin kalian berwarna oranye terus menerus patut diwaspadai, sebaiknya
segeralah periksa dan konsultasi dengan dokter.

7. Air Kencing Berwarna Kebiruan/ Kehijauan


Biasanya air kencing berwarna kehijau/kebiruan dikarenakan faktor pewarna obat-obatan yang dikonsumsi. Faktor terlalu banayk makan yang mengandung zat warna ini juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Memang air kencing warna ini sedikit terlihat aneh dan asing. Faktor penyebab yang lain adalah bisa jadi karena urin mengandung bakteri sehingga urin berwarna kehijau/kebiruan. Konsultasikan dengan dokter supaya bisa ditangani dengan tepat.

8. Air Kencing Berbusa/Berbuih


Ada beberapa penyebab air kencing menjadi berbusa yaitu kantung kemih penuh sehingga ketika mengeluarkan urin alirannya sangat cepat dan menghasilkan busa ataupun dikarenakan kalian mengalami dehidrasi ringan atau kelelahan, biasanya terjadi ketika setelah kerja terlalu keras maupun
setelah berolahraga. Namun, lain halnya jika kencing berbusanya terjadi terus menerus, bisa jadi kalian menderita penyakit serius seperti penyakit ginjal kronis, diabetes, atau tekanan darah tinggi. Jangan anggap remeh masalah ini, segeralah periksakan ke dokter supaya bisa ditangani.

9. Warna Kencing Kemerah-merahan


Penyebab warna merah dalam urin bisa jadi karena faktor makanan ataupun obat-obatan. Namun dalam kasus lain juga disebabkan karena adanya kandungan darah dalam urin. Kondisi ini dalam kedokteran lebih dikenal dengan sebutan Hematuria. Beberapa penyakit yang menjadi penyebabnya diantara lain adalah infeksi saluran kemih, batu ginjal, kanker kandung kemih, ataupun kanker prostat. Saran kunjungi dokter supaya bisa ditangani secepat mungkin.

Mungkin cukup sekian artikel Kenali dan Pahami arti Warna pada air Urin/Kencing bagi Kesehatan. Sebagai penutup, alangkah baiknya kita untuk selalu menjaga dan merawat tubuh kita agar nantinya selalu sehat. Karene, dibalik tubuh yang sehat terdapat Jiwa yang kuat.





6 comments:

  1. Suka ngeri sndri kalau baca ginian gan.

    ReplyDelete
  2. Ngeri kalau abis minum teh terus liat warna urine

    ReplyDelete
  3. kalau berwarna dan berbau pekat itu faktor nya kenapa min ya??

    ReplyDelete
  4. kalu warnanya silver tandanya apa ya gan

    ReplyDelete
  5. wah baru tau ternyata warna kekuningan, pantesan sering kelelahan.. thanks infonya min.

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.