Sunday, August 6, 2017

Manfaat Meminum Air Putih di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

Manfaat Meminum air Putih di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur - Air putih merupakan salah satu minuman yang menyehatkan dan menyegarkan bagi tubuh. Air putih sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh, karena sekitar 70 persen bagian tubuh manusia mengandung cairan. Tak bisa dipungkiri bahwa air mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh. Jika tubuh kita kekurangan cairan maka kita akan mengalami dehidrasi/kurang air, tubuh akan menjadi lemas kurang bertenaga dan alhasil kita akan malas dalam melakukan aktifitas.
Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari
Manfaat Minum Air Putih.
Karena itu sangat disarankan bagi kita semua untuk mengkonsumsi air setiap minimal 2 liter air 8 gelas/hari. Hal ini dilakukan agar nantinya kebutuhan air pada tubuh kita bisa terpenuhi. Lalu, kapan waktu yang baik untuk minum air putih? waktu yang baik untuk minum air putih untuk kesehatan tubuh adalah waktu pagi hari atau lebih tepatnya setelah bangun tidur. Kenapa? karena pada saat itulah (setelah terbangun dari tidur) tubuh kita sangat memerlukan air putir setelah mengalami proses istirahat dan pemulihan. 

Artikel kesehatan kali ini akan mengulas segudang manfaat meminum air putih di pagi hari setelah bangun tidur, berikut rangkumannya :

1. Membuat Tubuh lebih Segar. Selalu meminum air putih pada pagi hari setelah tidur dapat menyebabkan kulit menjadi lebih Segar dan awet muda. Hal ini dikarenakan air berperan membersihkan dan menetralisir racun-racun yang bersarang di dalam tubuh, terutama pada aliran darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan tercukupi kebutuhan airnya sekaligus membuat tubuh terlihat segar dan sehat sepanjang hari.

2. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mempunyai gangguan sembelit atau kesulitan saat buang air besar pada saat pagi hari, minumlah air putih di  pagi hari yang bisa menjadi solusi untuk menanganinya.

3. Membersihkan Usus Besar. Usus Besar merupakan salah satu organ pencernaan tubuh yang berfungsi untuk menyerap nutrisi pada zat sisa makanan. dengan meminum air pada saat pagi hari tepatnya pada keadaan perut kosong selepas bangun tidur, akan membantu membersihkan dan memurnikan usus besar. dengan begitu usus besar akan lebih mudah untuk menyerap nutrisi pada makanan yang akan kita makan selanjutnya.
4. Membuat ginjal lebih sehat. Dengan meminum air secara rutin pada pagi hari akan membantu meringankan kinerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

5. Menjaga Berat badan Tubuh. berat badan yang ideal merupakan dambaan bagi semua orang. Nah, dengan meminum air putih pada pagi hari akan membantu menjaga tubuh kalian menjadi lebih ideal dan proporsional.

6. Menyehatkan otot dan Sel-sel darah. meminum air putih di pagi hari setelah bangun tidur akan membantu meremajakan dan merawat otot-otot dalam tubuh serta memperbaharui sel-sel darah tubuh yang sudah tidak berguna.
7. Penyeimbang sistem getah bening. saat sistem getah bening bekerja secara seimbang dan optimal maka tubuh akan memiliki kekuatan yang lebih untuk melawan racun yang akan masuk menginfeksi yang dapat mengganggu kualitas kesehatan tubuh yang kalian miliki.

8. Meredakan nyeri haid. bagi kalian yang perempuan, meminum air pada pagi haid dapat membantu meredakan nyeri pada saat masa menstruasi. karena, pada saat itu air akan mengurangi tampungan cairan di dalam vagina yang mana menyebabkan kram/menstruasi.

9. Mencegah dehidrasi. ketika kamu terbangun dari tidur yang panjang, tubuh akan merasakan dehidrasi/kekurangan air. tidak peduli seberapa banyak air yang sudah kalian minum pada hari sebelumnya, tubuh akan selalu membutuhkan air putih di pagi hari.

10. Mencegah sakit kepala. otak manusia setidaknya terdiri dari 85 persen air. Jadi, ketika otak mengalami kekurangan cairan, hal tersebut akan menyebabkan sakit kepala yang serius. Kalian dapat meminum air di pagi hari untuk membantu mencegah dan mengurangi rasa sakit pada kepala.

Itulah artikel ulasan yang membahas tentang Manfaat Meminum Air Putih di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur. Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam air bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu kita harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuh setiap hari. Ingat! Minimal 2 Liter atau 8 Gelas/Hari. 





12 comments

  1. jadi kebiasaan ane minum air putih tiap bangun bagus juga ya. mantep gan !!

    ReplyDelete
  2. Wah saya pas bangun tidur tidak sering minum air putih. Hehehe. Nice infonya terima kasih.

    ReplyDelete
  3. air putih memang menakjubkan, sudah ada penelitian yang dilakukan di jepang.

    ReplyDelete
  4. hidup selalu sehat dengan segelah air putih bangun tidur

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. lakukan secara rutin setiap hari untuk merasakan manfaatnya :)

      Delete
  6. kalo ane sih pas pagi sama sore gan hihi..

    ReplyDelete
  7. Katanya kalau minum air putih habis bangun tidur itu bisa membersihkan ginjal yaa gan?

    ReplyDelete
  8. nice info gan jadi makin banyak tau nih baca disini

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah tiap pagi sebelum beraktivitas sempatin diri buat minum air putih.. Jadi ini ya manfaatnya.. Thanks ya gan infonya..

    ReplyDelete
  10. Wah patut di jadiin kebiasaan ini minum air putih setiap pagi setelah bangun tidur

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.
EmoticonEmoticon