9 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Sehat itu Mahal

Wednesday, April 4, 2018

9 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

7 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia – Kalian semua pasti pernah mengalami susah tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia bukan? Insomnia atau lebih tepatnya susah tidur biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu waktu tidur yang kurang teratur, stres, depresi, dsb. Namun, jangan terlalu dipikirkan, insomnia sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan hanya gangguan tidur saja.

Bebrapa Penyebab Umum Pemicu Insomnia Antara Lain : 

1. Depresi 

Seseorang yang sedang depresi atau Stress akan terlihat mudah lelah, kurang semangat, dan sering melamun. Kondisi demikian mengakibatkan sang penderita akan sulit tidur atau insomnia.

2. Kegelisahan

Penyebab insomnia selanjutnya yaitu kegelisahan. Hal ini biasanya dialami oleh orang dewasa dimana mereka sering/terlalu banyak memikirkan masalah hidup semisal pekerjaan maupun hubungan percintaan. Beban pikiran inilah yang akan membuat kita kesulitan untuk teridur karena selalu merasa cemas dan gelisah menjelang waktu tidur.

3. Gaya hidup yang Salah

Insomnia dapat disebabkan juga gaya hidup/pola tidur yang salah. Kebiasaan tidur yang salah atau tidak sehat akan memicu timbulnya insomnia. Beberapa contoh kebiasaan pola tidur yang salah antar lain adalah : Bekerja Sampai Larut Malam, Kebanyakan Tidur di Siang Hari, Waktu tidur yang tidak teratur kadang malam/kadang siang (biasanya dialami oleh para pekerja shift)

4. Mengkonsumsi Makanan Penyebab Insomnia

Ada beberapa makanan memiliki zat yang membuat kita sulit tidur. Beberapa zat Makanan yang dimaksud seperti : Alkohol, Kafein, dan Nikotin yang ada pada rokok.

9 Tips Ampuh Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur
Tips Ampuh Mengatasi Insomnia
Menurut survey dari amerika serikat, 13 persen orang dewasa lebih sering mengalami gangguan insomnia (mungkin karena semakin dewasa semakin banyak tanggung jawab, sehingga menimbulkan beban pikiran/stres di pikiran). Kita semua pasti telah mengetahui pentingnya tidur, dikarenakan pada saat tidur sel-sel tubuh manusia akan beregenerasi, organ-organ tubuh akan menetralisir racun yang dapat merusak tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Karena itulah, jika ada orang yang kurang tidur pasti akan mudah terserang penyakit.

Karena itu, jangan tinggal diam ketika insomnia menghantui, kita harus bergegas menemukan solusi untuk mengatasinya. Lalu, Bagaimanakah cara mengatasi insomnia atau susah tidur tersebut? Berikut artikel sehat blog sudah merangkum beberapa cara yang bisa sobat coba untuk mengatasi susah tidur (insomnia) dikutip dari berbagai sumber terpercaya.

1. Tenangkan Diri 

Tips yang pertama yaitu dengan menenangkan diri kalian sebelum tidur. Dengan suasana tenang akan membuat kalian lebih rileks dan lebih mudah untuk tertidur. Salah cara yang mungkin bisa menenangkan kalian seperti mendengarkan musik yang mellow atau musik pengantar tidur.

2. Hindari Konsumsi kafein 

Makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi sangat tidak baik bagi kualitas tidur kalian, karena kafein sendiri mampu membuat kita susah tidur. Zat kafein dapat memberikan efek aktif pada jaringan saraf yang membuat kita sulit untuk terlelap. Oleh karena itu, hindari konsumsi kafein sebelum tidur . Sebisa mungkin hindari konsumsi kafein, Minimal hindari minum kopi sekitar 4-5 jam sebelum jam tidur malam kalian.

3. Jangan Makan sebelum tidur 

Sebisanya, hindari makan sebelum tidur. Sebab, ketika makanan yang kita konsumsi masuk ke dalam tubuh, perut akan lebih aktif untuk mencerna makanan yang nantinya bisa berimbas munculnya gejala susah tidur atau insomnia. Baiknya, hindari makan minimal 1 jam sebelum jam tidur kalian, kalian bisa mengganti makanan dengan meminum air putih 3 gelas saja, dengan begitu kamu akan lebih mudah tertidur.

4. Jangan tidur siang terlalu lama 

Tidak salah kita tidur di siang hari mengingat manfaatnya, tetapi Bagi kalian yang sendang mengalami susah tidur atau insomnia sebaiknya sebisa mungkin hindari tidur siang. Karena jika kalian tidur disiang hari, maka otomatis kalian akan sulit untuk tidur di malam hari. Sebaiknya tahan rasa kantukmu dan tetap beraktivitas agar supaya nanti malam kalian bisa lebih cepat terlelap.

5. Minum susu hangat sebelum tidur 

Segelas susu hangat, ditambah dengan sedikit buah-buahan, bisa membantu kalian mudah untuk terlelap dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Selain minum susu, kalian juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung Trytophan seperti Keju, ikan tuna, atau kedelai sebelum tidur. Kandungan Trytophan tersebut merupakan zat yang dapat menenangkan dan membantumu tertidur lebih awal. 

6. Mandi Air Hangat 

Salah satu cara untuk menghilangkan insomnia atau susah tidur adalah dengan mandi air hangat. Kenapa? Karena dengan mandi air hangat akan membuat tubuh kita lebih rileks sehingga nanti akan membuat kalian mudah untuk mengantuk dan tertidur. 

7. Tinggalkan Gadget atau Alat Elektronik lainnya 

Mungkin inilah faktor yang paling berpengaruh menyebabkan insomnia. Seringkali kita menganggap remeh gadget dan alat elektronik seperti TV dan sebagainya sehingga membuat kita lupa akan waktu dan alhasil waktu tidur kita tidak teratur. Jika kalian ingin tidur lebih cepat, sebisa mungkin untuk tidak memainkan gadget atau menyalakan alat elektronik seperti tv saat menginjak waktu tidur malam, dengan begitu kalian akan lebih mudah untuk terlelap. 

8. Merubah Gaya Hidup 

Rubahlah gaya hidup kalian. yang sebelumnya sering begadang cobalah untuk tidur lebih awal agar supaya bisa mengurangi gejala insomnia. Buatlah jadwal atau schedule tentang waktu tidur dan waktu bangun kalian (bagi yg susah bangun bisa pakai alarm) agar nantinya bisa memperbaiki kualitas tidur yang buruk dan tentunya mengatasi insomnia. 

9. Mengkonsumsi Obat Tidur 

Cara berikut terbilang cara terakhir yang ampuh, bila kalian benar-benar kesulitan untuk mengusir insomnia. Namun, saya sarankan untuk lebih memilih obat-obatan herbal yang notabene minim akan efek samping ketimbang obat-obatan kimia. 

Itulah 7 tips yang paling ampuh untuk mengatasi susah tidur atau insomnia. Lakukanlah tips-tips di atas dengan benar dan bersungguh-sungguh agar nantinya bisa berhasil. Bila kalian merasa sudah melakukan tips-tips diatas dengan benar namun masih tetap susah tidur dengan insomnia, alangkah baiknya disegerakan untuk periksakan ke yang ahli. Oke, cukup sampai disitu pembahasannya, jika kalian masih bingung bisa ditanyakan di komentar yang telah disediakan, nanti saya usahakan menjawab sebisa mungkin, terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.