5 Gerakan Senam Ringan Sebelum Tidur Yang Efektif Menambah Tinggi Badan - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Sehat itu Mahal

Wednesday, May 30, 2018

5 Gerakan Senam Ringan Sebelum Tidur Yang Efektif Menambah Tinggi Badan

Mempunyai tinggi badan yang tinggi ideal adalah dambaan semua orang, dengan mempunyai badan yang tinggi akan membuat kita lebih pede. Selain itu kita juga akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan, karena ada sebagian lembaga atau instansi yang mencari pekerja dengan kriteria mempunyai tubuh tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang antara lain seperti Pola Hidup, Kualitas Tidur, Faktor keturunan (genetik), Olahraga, dan Asupan Gizi.

Pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh kelenjar pituitari yang terdiri dari tiga bagian, antaralain lobus posterior, pars intermedia, lobus anterior. Lobus anterior ini memproduksi hormon pertumbuhan dan hormon-hormon lain. Hormon pertumbuhan berfungsi mengatur pertumbuhan jaringan tulang rawan dan tulang keras. Dalam hal ini, ada metode khusus yang dapat merangsang kelenjar pituitari agar menghasilkan hormon pertumbuhan lebih banyak. Metode tersebut adalah Exercises Induced Growth Hormone (EIGH) atau bisa diartikan latihan yang merangsang hormon pertumbuhan.

Lakukan Senam ringan atau Stretching sebelum tidur agar pertumbuhan tulang pada tubuh kalian maksimal. Kenapa Sebelum tidur? Karena gerakan stretching dapat merangsang pertumbuhan tulang, sementara itu saat kita tidur tubuh akan menjadi rileks sehingga proses pertumbuhan tulang akan berjalan lebih optimal. Lakukan berikut gerakan stertch lalu tahan selama 5 sampai 30 detik , setelah itu jeda 5-30 sebelum gerakan selanjutnya. Penasaran? 

INILAH 5 GERAKAN SENAM RINGAN SEBELUM TIDUR YANG EFEKTIF MENAMBAH TINGGI BADAN :

1. Basic Leg Stretch 

Gerakan senam ringan yang pertama yaitu Basic Leg Stretch. Cara melakukan gerakan ini adalah duduk dengan kedua kaki dipisahkan semampunya antara kaki kiri dengan kanan, setelah itu raih ujung kaki dengan tangan kalian. Usahakan agar lutut kaki tetap lurus, selanjutnya coba raihlah ujung kaki lainnya. Pastikan juga tulang belakang kalian lurus (Jangan sampai lengkungkan tulang belakang bagian atas) kalian boleh hanya bergerak dari pinggul. Ulangi gerakan ini dengan rentan waktu 7-16 detik. Gerakan ini bagus untuk pertumbuhan tulang kaki dan punggung. Lebih jelasnya lihat Gambar!

Senam sebelum tidur efektif menambah tinggi badan
10point9.ie
2. Super Strecth

Gerakan super stretch ini merupakan gerakan yang dapat meninggikan badan paling populer dan mudah untuk dilakukan. Cara melakukannya adalah dengan berdiri lalu angkat kedua tangan ke atas kepala. Satukan kedua telapak tangan dan dorong keatas setinggi mungkin, bisa juga kaki kalian sambil berjinjit. Ulangi gerakan super stertch ini dengan rentan waktu 5-8 detik, Latihan super stretch ini juga bisa dilakukan sambil berbaring. Lebih jelasnya lihat Gambar!

Senam sebelum tidur efektif menambah tinggi badan
GetHealthAcces.com
3. Cobra Stretch 

Latihan peregangan ini dilakukan dengan cara tengkurap, lalu setelah itu mengangkat bagian dada keatas. Gunakan kedua tangan kalian untuk bertumpu dan menopang bagian depan tubuh dilantai. Lebih jelasnya lihat Gambar!

Senam sebelum tidur efektif menambah tinggi badan
workoutlabs.com
4. Posisi Jembatan

Latihan peregangan lain yang bisa untuk merangsang pertumbuhan badan adalah Posisi jembatan.Gerakan ini memungkinkan tubuh kita menyerupai posisi sebuah jembatan. Caranya yaitu dengan berbaring dimana lutut ditekuk dan telapak kaki menapak mendatar dilantai sedekat mungkin dengan bokong. Setelah itu pengang kedua pergelangan kaki dengan masing-maisng tangan kalian, semantara itu naikkan pinggul dan lengkungkan tulang belakang. pada posisi ini maka wajah kalian akan menghadap keatas atap/langit. 

Usahakan untuk mengangkat perut setinggi yang kalian bisa, dengan posisi tangan masih memegang pergelangan kaki. Jika tangan kalian tidak bisa memegang pergelangan kaki, jaga lengan agar tetap disamping dan gunakan untuk mendorong tubuh keatas. Mungkin pada awalnya latihan ini akan terasa sulit, tetapi pasti akan mudah jika sudah terbiasa. Lakukan gerakan posisi jembatan ini dengan rentan waktu 3-10 detik. Lebih jelasnya lihat Gambar!


Senam sebelum tidur efektif menambah tinggi badan
nutrisipeninggibadan.com
5. Posisi Gerakan Meja

Posisi gerakan meja ini memungkinkan kalian menyerupai sebuah meja dimana tubuh dan bagian atas kaki lurus (horizontal) sejajar dengan lantai sementara kaki bagian bawah dan lengan akan menopang tubuh dan kaki bagian atas dalam posisi tegak lurus (verikal kelantai). Cara untuk melakukannya adalah dengan duduk dilantai, posisi kaki diluruskan. Jaga badan agar tetap tegap lurus, lalu tempatkan kedua telapak tangan kalian di lantai tepat disamping bokong. 

Senam sebelum tidur efektif menambah tinggi badan
bacaterus.com
Selanjutnya tempelkan dagu ke arah dada lalu angkat kepala dan dongkakkan sejauh mungkin. Sambil mendongkakkan kepal, angkat tubuh sehingga posisi lutuk jadi menekuk, dengan lengan tetap lurus. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit namun akan jadi mudah jika sering dilakukkan. Ulangi gerakan meja ini dengan rentan waktu 8-20 detik.

Itulah 5 GERAKAN SENAM RINGAN SEBELUM TIDUR YANG EFEKTIF MENAMBAH TINGGI BADAN yang mungkin bisa kalian praktekkan di rumah sebelum tidur. Gerakan-gerakan yang sudah dijelaskan tersebut memungkinkan akan bisa lebih maksimal bila diiringini dengan konsumsi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, terutama kalsium yang berperan utama dalam proses pertumbuhan tulang manusia. Hormon juga berperan dalam pertumbuhan, karena itu jika hormon dalam tubuh kita tidak stabil, bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc yang dapat menstabilkan hormon dan memaksimalkan kinerja kalsium tubuh.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.