Wednesday, September 19, 2018

Wajib Baca! 15 Makanan Berikut Bisa Menambah Stamina Kamu dengan Instan!

Wajib Baca! 15 Makanan Berikut Bisa Menambah Stamina Kamu dengan Instan! - Makanan penambah stamina sangat diperlukan untuk tubuh sebagai sumber energi dan juga berfungsi menjalankan fungsi tubuh dan otak. Kamu dapat menambah stamina tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asupan vitamin, karbohidrat, serat, dan vitamin.

Stamina adalah kemampuan fisik dan mental agar bisa berfungsi lebih optimal dalam jangka waktu yang lebih lama. Stamina sangat dibutuhkan tubuh demi berlangsungnya berbagai aktivitas dari mulai yang ringan sampai yang berat, dengan durasi yang singkat maupun lama. Untuk itu kamu harus mengonsumsi makanan penambah stamina agar bisa menjalani berbagai aktivitas tersebut.
Makanan yang Bisa Menambah Stamina
Image : shutterstock.com
Ketika kamu melakukan aktivitas berat, Stamina kamu akan cepat menurun dikarenakan energi yang banyak terkuras karena aktivitas tersebut, terlebih jika kamu melakukan aktivitas berat tersebut dengan jangka waktu yang lama. Akibatnya tubuh juga akan terlihat lebih lelah dan lesu. 

Selain itu ada juga Hal lain yang menjadi penyebab stamina kamu menurun, diantaranya : 
  • Kekurangan Gizi
  • Kurang Cairan (Dehidrasi)
  • Jarang olahraga sehingga sirkulasi darah tidak lancar
  • Kurang tidur, 
  • dan Merokok. 

Jadi, jangan biarkan staminamu menurun karena jika dibiarkan akan mempengaruhi kondisi fisik, emosional, daya tahan tubuh menurun sehingga kamu akan mudah terserang penyakit, depresi, bahkan yang lebih parah penyakit jantung kronis.  Oleh sebab itu sudah seharusnya kita semua perlu menjaga tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menambah stamina. 

Tidak usah berlama-lama, yuk langsung simak 15 Makanan yang Bisa Menambah Stamina Kamu : 

1. Pisang 

Makan pisang dapat membuat energimu terisi secara instan dan tentunya meningkatkan stamina untuk jangka waktu yang panjang. Buah pisang mengandung serat, karbohidrat dan gula alami (fruktosa).

2. Anggur Merah 

Selain pisang anggur merah juga banyak mengandung gula alami (fruktosa) yang jika dikonsumsi dapat langsung diubah menjadi energi. Anggur juga mengandung zat kimia yang bernama resveratol yang bisa membantumu untuk membangun stamina dalam jangka waktu yang panjang.

3. Apel 

Buah apel banyak mengandung vitamin B, vitamin C, kalium. Selain itu, Buah apel sangat kaya akan zat besi. Zat besi berfungsi meningkatkan kadar hemoglobin darah dan memungkinkan setiap sel dalam tubuh untuk mendapatkan energinya kembali dengan cepat.

4. Mangga 

Buah Mangga banyak mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, kalium, dan juga protein yang dapat menambah energi kamu secara instan. Buah Mangga juga dapat menurunkan berat badan, yang artinya buah mangga juga menjadi alternatif yang tepat untuk orang yang sedang diet.

5. Pepaya 

Buah pepaya memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa menambah stamina kamu. Buah pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan banyak serat. Sama halnya seperti pisang, mangga dan apel kamu bisa menambah energi secara instan dengan mengkonsumsi buah pepaya.

6. Delima 

Delima merupakan salah satu buah yang terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Vitamin dan mineral dalam buah delima juga mampu mendongkrak kesehatan tulan, jantung, sistem imun tubuh, dan tentunya stamina. Delima juga mengandung polifenol tinggi yang dapat mengurangi radang atau sakit otot.

7. Jagung 

Jagung termasuk salah satu makanan yang terbilang mengandung karbohidrat lebih banyak daripada nasi. Kandungan tersebut memiliki glikogen pada tubuh yang dapat diubah langsung menjadi energi dalam beberapa menit saja setelah jagung dikonsumsi.

8. Air 

Air mineral sangat penting untuk kesehatan tubuh karena sebagian besar tubuh kita mengandung air. Apabila tubuh kekurangan cairan maka bisa menyebabkan dehidrasi yang akan berakibat stamina kamu akan menurun. Minumlah air setiap hari secukupnya, karena air juga berfungsi untuk menghilangkan racun yang bersarang dalam tubuh dan pastinya membuat tubuh lebih segar dan bugar.

9. Almond 

Kacang almond memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi tersubut diantaranya adalah vitamin E dan asam lemak omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 merupakan lemak yang baik yang bisa dicerna agar tidak menumpuk dalam tubuh melainkan diubah menjadi energi.

10. Kopi 

Kopi memiliki kandungan Kafein tinggi yang merupakan sebuah stimulus instan. Sebagian orang mengkonsumsi kopi akan tetap terjaga. Selain itu, kopi sebenarnya dapat memberikan energi untuk otak kamu agar tidak mudah lelah. Namun, jangan terlalu sering mengkonsumsi kopi karena kandungan kafein yang terlalu tinggi akan berefek buruk bagi tubuh. Biasanya kopi sering dikonsumsi sebagai penambah stamina pria dewasa.

11. Teh Hijau 

Kandungan Teh hijau agak memiliki kemiripan dengan kafein pada kopi yang dapat menstimulasi otak. Namun, teh hijau terbilang lebih sehat karena terdapat antioksidan yang dapat membersihkan sistem tubuh dari zat beracun. Beda dengan kopi, teh hijau lebih sering dikonsumsi oleh wanita sebagai penambah stamina.

12. Sayuran Hijau 

Kita sudah mengetahui bahwa sayur sangat penting bagi tubuh. Sayuran Hijau banyak mengandung serat dan juga kaya kana Vitamin C. Serat akan membuat kamu kenyang dan menyehatkan pencernaan, sedangkan vitamin C merupakan nutrisi yang dapat meningkaykan energi.

13. Beras Merah 

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan juga vitamin B kompleks. Beras merah juga sedikit mengandung pati sehingga perut lebih lambat mencernanya. itulah sebabnya, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan merasa lebih berenergi setelah mengkonsumsi beras merah. 

14. Selai Kacang 

Terdapat berbagai macam jenis kacang-kacangan di dunia ini. Namun, Hampir semua selai yang terbuat dari kacang-kacangan (termasuk kacang almond) memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang merupaka lemak baik. Lemak asam omega 3 ini dapat melindungi kesehatan jantung, menghasilkan energi untuk jangka waktu yang panjang, dan mengurangi rasa nyeri tubuh. 

15. Telur 

Telur merupakan Salah satu sumber makanan paling bergizi saat ini. Memang, telur sangatlah tinggi akan kadar kolesterol, namun walaupun demikian itu tak akan mempengaruhi kolesterol darah. Jika kamu memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, telur merupaka pilihan yang tepat karena telur kaya akan protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi penting lainnnya. 

Itulah 15 Makanan yang Bisa Menambah Stamina Kamu dengan Instan. Konsumsi setiap hari supaya stamina tubuh kamu selalu terjaga sehingga kamu dapat menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa takut kelelahan.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.