Sunday, September 30, 2018

8 Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit Saat Beraktivitas

8 Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit Saat Beraktivitas - Sebagai makhluk ciptaan tuhan, sudah diwajibkan bagi kita untuk selalu menjaga dan merawat tubuh kita. Jangan sampai kita yang sudah diberi kesehatan oleh tuhan tetapi kita tidak bisa menjaganya. Biasanya sebagian besar orang sering mengabaikan betapa pentingnya menjaga stamina tubuh kita. Nyatanya stamina penting bagi kesehatan tubuh karena ketika tubuh kita kehabisan stamina, maka tubuh akan terlihat lesu dan pastinya kita tidak dapat beraktivitas secara maksimal baik aktivitas fisik ataupun aktivitas non fisik (berfikir). Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita untuk menjaga stamina agar tubuh selalu sehat dan fit.

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Dengan tubuh/stamina yang sehat dan fit, tentunya kita akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Ketika tubuh kalian dalam kondisi yang fit, tubuh akan dapat menahan menahan penyakit yang berusaha menyerang. Oke langsung saja, artikel ini akan membahas 8 Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit Saat Beraktivitas.

1. Sarapan Bergizi

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Jangan lupakan bersarapan, kebanyakan orang menyepelekan akan pentingnya sarapan, padahal sarapan sendiri bermanfaat mengisi energi untuk memulai aktivitas. Utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Menurut Riset dari University of Erlangen-Nuremberg, Germany, makanan yang mengandung protein tinggi tidak hanya meningkatkan hormon pertumbuhan, namun juga dapat menurunkan kadar hormon stress dalam tubuh.

2. Istirahat yang Cukup

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Pada saat kamu sudah merasa sedikit lelah saat sedang melakukan aktivitas, luangkanlah sedikit waktu untuk beristirahat minimal 90-120 menit. Dengan beristirahat sejenak, energi yang sebelumnya terkuras akan pulih dan tubuh akan menjadi lebih segar/fresh. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan kembali aktivitas tanpa khawatir lelah.

3. Perbanyak minum air (secukupnya)

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Sebagian besar tubuh manusia tersusun oleh air. Kekurangan cairan merupakan faktor utama penyebab kelelahan. Saat tubuh kekurangan air, darah yang membawa oksigen akan mengental yang nanti pada akhirnya aliran peredaran darah ke seluruh tubuh akan lebih lambat. Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan perbanyak minum air, karena air mengandung oksigen diperlukan oleh tubuh.

4. Rutin Berolahraga

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Sudah banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk menambah energi dan juga melatih tubuh agar tetap fit. Menurut James Rippe, Ahli Jantung sekaligus Direktur Rippe Lifestyle Institute, olahraga terutama olahraga yang berjenis aerobik merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kelelahan dan juga menambah energi. Olahraga aerobik seperti senam aerobik, berenang, bersepeda, lari dan sejenisnya akan memperkuat jantung sehingga tubuh akan lebih banyak menerima oksigen.

5. Konsumsi Suplemen mineral, asam lemak omega 3 dan vitamin

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Direktur Continuum Center for Health and Healing, Dr. Robert Lee menyarankan asupan multivitamin dan mineral untuk pasien yang kelelahan. Kenapa? Vitamin antioksidan akan membantu menetralkan racun dari serangan radikal bebas yang akan menyerang sel tubuh. Sementara mineral mendukung kinerja Ginjal dan Hati dalam melakukan proses penyaringan racun dalam tubuh. Dan Asam lemak Omega 3 membantu kerja sel agar dapat bekerja secara maksimal.

6. Ubah Rutinitas

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Rubahlah rutinitas kegiatan, jika kamu sudah merasa bosan karena kegiatan aktivitasnya itu-itu aja. Karena, kebosanan juga menjadi salah satu penyebab terkurasnya energi. Coba tambah sesuatu yang baru di daftar aktivitas sehari-hari yang sekiranya bisa menghilangkan kebosanan dan menambah mood kamu.

7. Aktif Bergerak

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Jika sekiranya kamu seorang pekerja kantoran yang setiap waktu di depan komputer, jangan biarkan tubuh terus kaku karena hal tersebut dapat menghambat aliran darah. Alangkah baiknya kamu untuk meluangkan sedikit waktu untuk menggerakan tubuh dengan gerakan kecil yang simpel atau mungkin senam jika kamu punya waktu yang lebih banyak . Dengan begitu tubuh tidak akan kaku dan akan terlihat lebih fresh dan berenergi.

8. Makan sedikit, tapi sering

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit

Makan dengan porsi sedikit tapi sering lebih baik daripada makan dengan porsi banyak sekaligus. Makan dengan porsi yang besar kaya akan karbohidrat akan menyebabkan gula darah meningkat. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin. Jika kondisi terus seperti ini akan berakibat terlalu banyak gula darah yang dikirim ke sel otot untuk disimpan, inilah penyebab dari kelelahan. Oleh karena itu lebih baik makan makanan bergizi dengan porsi sedikit namun sering.

Selain 8 Tips Diatas, ada juga beberapa hal yang harus kalian hindari karena memungkinkan menjadi pemicu kelelahan diantaranya Kurang Istirahat, Kekurangan Mineral, Dehidrasi, dan Depresi atau Stress. Dengan demikian, setelah kalian melakukan 8 Tips Menjaga Stamina diatas, bisa diyakini Tubuh akan terlihat lebih fit dan pastinya siap untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Demikianlah artikel yang membahas 8 Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit Saat Beraktivitas, semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan banyak orang.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.