10 Tanaman Obat Tradisional Populer di Indonesia - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Sehat itu Mahal

Wednesday, February 27, 2019

10 Tanaman Obat Tradisional Populer di Indonesia

10 Tanaman Obat Tradisional Populer di Indonesia - Artikel kali ini akan membahas tentang tanaman obat yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa indonesia adalah negara tropis yang kaya akan kekayaan alam dan memiliki berbagai macam jenis tumbuhan. Dari banyak jenis tumbuhan yang ada diindonesia ada yang bisa digunakan untuk dijadikan obat tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Keunggulan dari obat tradisional alami dibandingkan dengan obat kimia pabrik adalah lebih aman untuk dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping. Selain itu,tanaman obat tradisional juga cenderung lebih mudah dibuat, murah dan praktis untuk dikonsumsi. Berbeda dengan obat kimia buatan pabrik yang cenderung memiliki efek samping yang nantinya ditakutkan akan menimbulkan penyakit lain jika terus dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, Tanaman obat tradisional bisa menjadi alternatif lain untuk mengobati berbagai macam penyakit dengan aman. Berikut Tanaman Obat Tradisional Populer di Indonesia.

1. Tanaman Obat Jahe

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Sudah pasti kalian tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Tanaman jahe ini bisa dijadikan obat untuk masuk angin dan batuk. Jahe juga biasa dijadikan minuman untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin. Tanaman Tradisional jahe ini sangat populer di indonesia karena selain banyak khasiatnya, harga jahe terbilang murah. Atau bahkan kalian tidak usah membelinya karena tanaman jahe ini sangat mudah untuk ditemukan di kebun-kebun atau pekarangan rumah.
2. Tanaman Obat Belimbing Wuluh

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Belimbing wuluh bisanya digunakan untuk penambah rasa asam pada sejumlah masakan tradisional indonesia terutama sayur asem. Selain sebagai salah satu bumbu masak di dapur, tanaman belimbing wuluh yang rasanya sangat asam ini ternyata bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Buah, Daun, Hingga tangkai dari tanaman dari belimbing wuluh bisa digunakan untuk obat tradisional. Bagian daun yang bisa digunakan untuk obat pegal linu, bunga belimbing wuluh untuk mengobati batuk, atau bahkan tangkai belimbing wuluh yang sudah diracik dapat menyembuhkan penyakit gondongan.

3. Tanaman Obat Daun Kumis Kucing

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Tanaman obat yang ketiga yaitu Daun Kumis Kucing. Tanaman tradisional yang satu ini mudah untuk ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Daun kumis kucing terkenal ampuh dapat menyembuhkan kencing batu dan melancarkan saluran kemih. Daun kumis kucing ini juga digunakan untuk mengobati penyakit lain seperti asam urat, rematik, batuk, hipertensi dan diabetes. Juga, Selain dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tanaman kumis kucing juga biasa ditanam di pekarangan rumah karena memiliki bentuk yang indah.

4. Tanaman Obat Temulawak

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Salah satu tanaman rempah asli indonesia ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering digunakan sebagai obat adalah akar temulawak atau yang sering disebut rimpang. Bagian inilah yang sering digunakan untuk dibuatkan obat. Khasiat dari tanaman temulawak ini adalah untuk melancarkan saluran pencernaan, mengobati gangguan ginjal, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan liver. Tanaman Obat temulawak ini akan semakin terasa khasiatnya jika dikombinasikan dengan tanaman obat lain. Oh iya, temulawak ini juga terkenal sebagai obat untuk menambah nafsu makan lho!

5. Tanaman Obat Daun Cincau

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Daun cincau sering digunakan untuk membuat es cincau yang segar memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang enak dan menyegarkan menjadikan daun cincau menjadi alternatif favorit untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan beberapa minuman buatan pabrik menambahkan rasa cincau untuk menambah rasa segar. Tanaman daun cincau umumnya memiliki dua jenis, yaitu cincau biasa (berwarna hijau) dan cincau hitam, keduanya memiliki rasa yang sama menyegarkan. Khasiat dari daun cincau sendiri untuk mengobati demam, radang lambung, mengobati diabetes militus, dan mengobati demam typhus.

6. Tanaman Obat Lidah Buaya

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Lidah buaya terkenal akan manfaatnya sebagai obat tradisional kecantikan seperti untuk kesehatan rambut dan menghilangkan jerawat. Namun tidak hanya itu saja, lidah buaya juga dapat dingunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan lidah buaya antara lain penyakit radang tenggorokan, penyakit serangan jantung, diabetes, sembelit dan masih banyak lagi. Saking banyaknya penyakit yang bisa diobati oleh tanaman ini, tak heran lidah buaya sering disebut juga dengan julukan tanaman sejuta manfaat.

7. Tanaman Obat Sirih

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Kebanyakan orang pastilah sudah mengenal tanaman tradisional yang namanya daun sirih. Daun sirih terkenal sebagai obat untuk menjaga area kewanitaan. Cara pengobatannya pun cukup mudah, kalian cukup rebus beberapa lembar daun sirih sampai mendidih, setelah itu basuhlah area kewanitaan dengan air rebusan daun sirih tersebut. Selain untuk menjaga area kewanitaan, daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti mimisan dan sakit mata.

8. Tanaman Akar Alang-Alang

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Tanaman liar satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Tanaman alang-alang sering tumbuh liar di kebun, pekarangan rumah, bahkan disawah. Petani menyebut alang-alang sebagai gulma di tanaman mereka. Namun walaupun demikian, ternyata tanaman akar alang-alang ini memiliki berbagai khasiat seperti untuk mengobati panas dalam, keputihan, dan kencing batu.

Baca Juga : Panas dalam? Atasi dengan Obat Tradisional Berikut

9. Tanaman Ciplukan

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Waktu masa kalian kecil pasti pernah merasakan tanaman yang satu ini. Ciplukan merupakan salah satu buah yang digemari anak-anak karena rasanya. Ciplukan biasanya tumbuh dikebun dan di sawah, meskipun sekarang ini jarang sekali ditemukan. Tapi kalian bisa membelinya di supermarket atau pasar yang menjualnya meskipun harganya sedikit mahal karena sekarang sulit ditemukan. Tanaman Cuplikan ini dapat digunakan untuk obat penyakit paru-paru, radang tenggorokan, asma, dan masih banyak lagi.

10. Tanaman Sambiloto

Manfaat Tanaman Obat Tradisonal

Tanaman Obat Tradisional Populer di Indonesia yang terakhir adalah sambiloto. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk obat sakit perut, perut kembung, dan obat penurun panas. Sambiloto juga diyakini dapat menyembuhkan diabetes dan kencing manis. Cara penggunaan yaitu rebus daun sambiloto, setelah itu minumlah air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes.

Ternyata Banyak sekali khasiat yang kita peroleh dari Tanaman Obat Tradisional. Dari berbagai manfaat yang sudah disebutkan diatas, mungkin masih ada beberapa manfaat lain yang mungkin terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu. Tanaman obat Tradisional akan terus digunakan sampai sekarang mengingat akan khasiatnya dan juga tanpa efek samping. Cukup sekian pembahasan tentang 10 Tanaman Obat Tradisional Populer di Indonesia, jangan lupa share dan terimakasih telah membaca.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.