Thursday, October 31, 2019

5 Aktivitas ini Ternyata Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

5 Aktivitas ini Ternyata Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat - Seiring dengan penambahan usia, fungsi otak manusia umumnya akan menurun karena proses penuaan. Banyak kasus sekarang ini yang mana banyak orang yang mengeluh akibat kesulitan dalam konsentrasi dan juga menurunnya daya ingat. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sangat mudah untuk lupa. Hal demikian memang sudah sewajarnya terjadi pada manusia, namun jika dibiarkan terus menerus tentunya akan berakibat buruk.

5 Aktivitas yang Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat
Image : formulaswiss.com
Berikut ini, Artikel Sehat Blog akan membahas artikel tentang 5 Aktivitas yang Ternyata dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Manusia.

1. Mendengarkan Musik

Mungkin kedengarannya mendengarkan musik merupakan aktivitas biasa saja yang banyak orang sering lakukan. Namun siapa sangka ternyata dengan mendengarkan musik akan memberikan banyak manfaat untuk otak kita. Seseorang yang sering mendengarkan musik tanpa disadari mereka mengalami peningkatan konsentrasi, daya ingat, dan koordinasi seseorang.

Selain Mendengarkan musik termasuk juga Memainkan alat musik dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Dengan catatan aktivitas mendengarkan dan memainkan alat musik ini dilakukan ketika dalam waktu senggang (tidak sedang bekerja/belajar).

2. Menulis dengan Tangan

Menulis merupakan aktivitas yang umum dilakukan oleh manusia terutama di kalangan pelajar. Walaupun sekarang ini banyak pelajar yang cenderung jarang menulis dikarenakan perkembangan zaman yang beralih ke dunia digital. 

Menurut Pakar analisis tulisan tangan, Deborah Dewi menjelaskan, rajin menulis dengan tangan akan membuat kemampuan kognitif seseorang semakin terasah. “Ada perbedaan yang sangat signifikan antara memproses informasi dengan diketik dan ditulis. Tentu semakin sering seseorang menulis, bukan mengetik, maka area kognitif di otaknya semakin terasah.” Ungkap Deborah Dewi (lifestyle.kompas.com) 

Jadi bisa disimpulkan menulis dengan menggunakan tangan lebih banyak menggunakan bagian otak dibandingkan dengan mengetik. Bagi kalian yang ingin meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cobalah sesering mungkin menulis dengan menggunakan tangan. Karena, ketika kalian menulis dengan menggunakan tangan akan lebih mudah merangsang otak untuk memproses dan menganalisi informasi sebelum kalian tulis.

3. Mengunyah Permen Karet

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa dengan mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi pembentukan bakteri pada mulut dan dapat memperkuat otot rahang. Selain itu, dengan mengunyah permen karet akan membuat kalian lebih mudah berkonsentrasi. Bahkan studi mengatakan juga bahwa dengan mengunyah permen karet akan meningkatkan berbagai fungsi otak. Fungsi tersebut diantaranya tingkat pemahaman, ingatan, kesiagaan, hingga kemampuan dalam mengambil keputusan.

4. Memandang Gambar Bagus/Indah

Para ahli mengatakan bahwa jika seseorang memandang gambar yang menurut mereka menyenangkan dan juga membuat tersenyum, hal tersebut dapat menghilangkan lelah dan meningkatkan konsentrasi.

Jadi, ketika kalian sedang beraktivitas di kantor atau belajar di sekolah lalu kalian merasa lelah dan kurang fokus, cobalah untuk beristirahat dan memandang pemandangan yang menurut kalian menyenangkan (semisal memandang daun, rerumputan hijau, dan lain-lain).

5. Bermain Game

Hasil penelitian mengatakan ternyata aktivitas bermain game akan membantu meningkatkan daya ingat dan juga dapat melatih kinerja otak manusia. Tidak hanya itu, bermain game juga dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat seseorang lebih jeli dengan lingkungan di sekitarnya. 

Itulah 5 Aktivitas yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat. Apakah dari pembaca sekalian ada yang sering melakukan aktivitas diatas? Jika iya beruntunglah, karena mungkin beberapa orang, ada yang masih belum mengetahui bahwa aktivitas seperti Bermain Game, Memandang Gambar, menulis dengan tangan, mendengarkan musik dan mengunyah permen karet Ternyata bisa meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat. Jadi, Ayo Sebarkan artikel ini supaya teman-teman kalian tahu.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.