Wednesday, April 1, 2020

7 Cara Supaya Badan Tetap Bugar Saat Beraktivitas

Melatih tubuh agar mempunyai bentuk yang indah memang tidak mudah. Namun, tetap bugar adalah hal yang sama sekali berbeda. Kamu mungkin pernah melihat atau bahkan kenal dengan orang yang tampaknya tidak melakukan apa pun untuk mencoba tetap bugar tapi kenyataanya orang itu selalu prima saat sedang beraktivitas. 
Cara Badan Tetap Bugar Saat Beraktivitas
Image : shutterstock.com
Rahasianya adalah, orang itu melakukan setiap hal kecil dalam gaya hidup sehat tapi tidak menyiksa diri sendiri. Penasaran dengan rahasianya? Ini dia kiat-kiatnya!

7 Cara Supaya Badan Tetap Bugar Saat Beraktivitas

Jika kamu seseorang yang mempunyai kegiatan yang padat dan ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar saat beraktivitas, berikut adalah beberapa tipsnya: 

1. Olahraga secara Rutin

Kamu tidak harus lari atau bersepeda berjam-jam hingga menghabiskan seluruh tenaga untuk bisa mendapatkan tubuh yang prima. Cukup lakukan olahraga ringan atau latihan yang paling Kamu sukai selama setidaknya 20 menit. Ingat, kunci dari olahraga yang sukses adalah konsisten, bukan seberapa berat olahraga tersebut.

Pastikan Kamu tidak menguras seluruh tenaga selama sesi latihan. Hal ini untuk menjaga agar Kamu tetap punya tenaga untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Dan pastikan kamu untuk cukup minum air, meregangkan otot sebelum latihan, dan makan makanan dengan jumlah protein yang layak setiap selesai latihan.

2. Pilih Makanan yang Tepat

Satu hal penting yang perlu Kamu garis bawahi adalah "Tidak setiap orang yang bugar melakukan diet khusus. Namun, makanan sehat adalah bagian dari gaya hidup mereka”. Salah satu caranya adalah dengan tidak terlalu sering atau lebih baik menghindari makanan yang manis, bahkan meskipun hanya 1 buah permen. Karena jika terlalu sering akan meningkatkan resiko serangan jantung.

Sebagai gantinya, buah dan sayur adalah hal terbaik untuk dimakan. Misalnya, Kamu bisa makan 1 buah apel untuk membuat perut terasa kenyang sekitar 3- 4 jam, sedangkan sayuran hijau seperti kacang panjang dan brokoli akan menjaga sistem pencernaan tetap bersih dan berjalan lancar. 

Juga, jadwalkan konsumsi daging tanpa lemak seperti kalkun dan ayam, atau makanan laut seperti udang dan nila setidaknya 1 kali dalam seminggu. Makanan ini penuh dengan protein dan nutrisi sehat untuk membantu menjaga otot tetap bugar dan siap untuk berolahraga.

3. Atur Porsi Makan

Mengatur porsi makan sama pentingnya dengan memilih makanan. Karena memiliki metabolisme yang baik berasal dari porsi makan. Cobalah untuk merencanakan makan 5 atau 6 kali sehari dengan mengatur porsi yang lebih kecil, daripada makan 3 kali besar sepanjang hari.

Hal ini juga akan membantu Kamu tidak begah dan bernapas lebih lancar saat berolahraga. Karena memiliki lebih sedikit makanan dalam sistem pencernaan berarti lebih banyak energi yang bisa digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas.

4. Istirahat yang Cukup

Sama seperti mengatur porsi makan dan olahraga, jadwal istirahat juga perlu Kamu perhatikan lho. Meskipun kebanyakan dari Kita memiliki aktivitas atau pekerjaan sekitar 8 jam di siang atau malam hari, tapi penting untuk tetap menjaga istirahat dengan tidur yang cukup agar baterai tubuh dapat diisi ulang.

Banyak studi menyatakan bahwa 6-8 jam tidur akan membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, tapi jika Kamu merasa lelah pada suatu waktu, maka ada baiknya Kamu perlu tidur sebentar sebelum melanjutkan aktivitas. Sedangkan tidur siang yang dianjurkan adalah sekitar setengah jam. Karena Jika terlalu lama saat tidur siang, ditakutkan akan sulit tidur waktu malam.

5. Postur yang Benar

Jika aktivitas atau pekerjaan Kamu adalah duduk di dalam ruangan dan melihat komputer, maka pastikan untuk duduk dengan postur yang benar agar Kamu tidak mengalami kesemutan atau sakit pinggang. Pastikan untuk duduk tegak, letakkan kaki rata di lantai, jaga agar kepala dan leher sejajar, jaga jarak mata dengan layar komputer, dan jika perlu berikan bantalan di antara punggung dan sandaran kursi.

6. Berpikir Positif

Kunci penting lain untuk menjadi tubuh tetap bugar saat beraktivitas adalah kurangi kecemasan dan jaga pola pikir positif. Jika Kamu tetap positif thinking, otak dan hati akan lebih rileks, Kamu bisa fokus menyelesaikan tugas, energi dan pikiran tidak terkuras untuk hal kurang penting dan hasilnya Kamu akan bisa mendorong diri untuk mendapatkan tubuh bugar yang selalu Kamu inginkan.

7. Tinggalkan Pekerjaan di Tempat Kerja

Saat Kamu pulang ke rumah di sore atau malam hari, cobalah untuk pindah persneling. Maksudnya, mulailah berpikir tentang apa yang akan Kamu lakukan di rumah, apa makan malam di hari itu, dan berhentilah memikirkan pekerjaan hari ini, tugas-tugas esok hari, atau semua tanggung jawab yang terkait. Tinggalkan semua beban itu di kantor, rilekskan pikiran saat perjalanan pulang, dan istirahatlah saat tiba di rumah.

Agar 7 Cara Supaya Badan Tetap Bugar Saat Beraktivitas ini berhasil, pastikan Kamu melakukannya dengan konsisten dan seimbang. Artinya, jam beraktivitas atau bekerja, berolahraga, makan dan istirahat tidak boleh berat sebelah. Memang tidak ada yang salah dengan bekerja keras, tapi akan lebih baik jika Kamu dapat bekerja dengan cerdas.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.